Mimpi

Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi. Jadilah seperti yang kamu inginkan, kerna kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.

Tuesday, December 28, 2010

KESALEHAN DAN KESUKSESAN


KESALEHAN DAN KESUKSESAN
Saleh dan kesuksesan adalah dua kata yang saling berkaitan. Jika ada kesalehan biasanya ada kesuksesan, demikian juga jika ada kesuksesan diasanya ada kesalehan. Apakah setiap orang yang ingin suksesharus saleh? Jawabannya tidak lain “ya”, karena Allah SWT mengikrarkan demikian dalam firmannya, (QS.AL-Buruj: 11)
Artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah menerjakan amal-amal yang saleh bagi mereka surga yang mengalir dibawah sungai-sungai; itulah kesuksesan yang besar. (QS. Al-Bujur: 11)
        Allah SWT telah memberikan jaminan surge bagi orang-orang yang beriman dan saleh. Jika kita bandingkan kesuksesan surga dan kesuksesan dunia, tentu lebih utama dan lebih mahal kesuksesan surge. Jika kesuksesan surge lebih mahal dan lebih utama diberikan. Bahkan secara jelas, Allah SWT juga akan memberikan kemudahan dan rezeki yang tak terduga-duga kepada orang-orang yang bertaqwa. Orang-orang yang bertakwa adalah orang-orang yang saleh.
Orang saleh pantas sukses didunia, karena orang saleh memiliki kemampuan mengendalikan dirinya serta berbuat yang terbaik untuk hidup. Kesuksesan di dunia tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan, kemampuan manajerial dan financial seseorang, seperti kebanyakan anggapan orang selama ini, akn tetapi juga ditentukan (dipengaruhi) oleh emosi dan spiritualnya. Karena itu, menurut Rasullullah SAW, orang yang kuat bukanlah orang yang menang dalam perkelahian, tetapi orang yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah. Orang yang mampu mengendalikan emosinya adalah orang saleh.
Jika orang hanya mengandalkan kecerdasan, kemampuan manajerial dan keuangan saja   dapat diperosokan kedalam  nafsu tak terkendali. Di dalam diri manusia, ada nafsu yang selalu mengajak  kepada kejahatan. Sebagus apapun potensi dalam diri manusia, jika tidak diiringi piranti yang dapat mengendalikan nafsunya, maka manusia akan gagal. Piranti itu tidak lain adalah kesalehan yang didapat dari komitmennya berpegang teguh pada apa yang telah dituntunkan Allah dan Rasul-Nya.
Sekarang ini ada kecendrungan, para remaja lebih banyak mengedepankan  emosi dalam menghadapi persoalan. Remaja sekarang ini lebih mudah marahdan lebih sulit diatur serta jika memiliki kemauan  ingin segera dipenuhi tanpa memikirkan sulitnya mewujudkan keininan tersebut. Sebagai contoh seorang remaja ingi memiliki motor, dan ia memina secara paksa kepada orang tuanya. Contoh-contoh kecil juga dapat kita lihat saat para siswa menghadapi pelajaran yang sulit. Danyak di antara mereka yang cendrung lari dari kesulitan dengan menyontek dan meneron pekerjaan dari teman mereka. Tidak terpacu sedikitpun dari diri mereka untuk menyadari kekurangan mereka, lalu belajar keras. Kita melihat bagainama remaja saat ini mudah sekali terbujuk untuk melakukan hal-hal yang negatif seperti mengkonsumsi NARKOBA, perkelahian dan kejahatan-kejahatan lainnya.
Karena itu tidak ada perjalanan lain bagi remaja, jika dirinya ingin menjadi orang sukses, maka ia harus menjadi orang saleh. Karena dengan kesalehannya, seseorang remaja akan mampu menghadapi tatantangan kehidupan didunia ini dengan tekun, tabah, konsisten dan penuh motivasi.  

No comments:

Post a Comment