Mimpi

Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi. Jadilah seperti yang kamu inginkan, kerna kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.

Friday, January 14, 2011

Persaingan dalam hidup

Persaingan dalam hidup
Hidup dalam sebuah peruses dan berjuang tanpa batas. Dalam kehidupan ini kita sering dihadapkan dengan berbagai masalah, baik itu  menyangkut masalah pribadi, social dan lain-lain. Tapi semua itu ditunjukan pada satu tujuan yaitu kesuksesan. Mungkin di era ini persaingan hidup dalam mencapai tujuan begitu ketat. Berbagai cara dan profesi yang dilakukan orang demi mencapai cita-cita dan tujuan hidupnya, tapi sedikit sekali yang bisa terwujud. Sukses memang harus membutuhkan perjuangan dan kerja keras. Disamping kita harus berjuang dan kerja keras, kita juga harus mempunyai kematangan dalam berfikir. Karena pikiranlah yang akan merubah hidup kita dalam sebuah persaingan untuk mencapai kegembiraan dan kebahagiaan.

Dalam sebuah persaingan, kita harus membekali diri kita dengan berbagai ilmu dan pengetahuan yang matang. Disamping ilmu dan pengetahuan kita juga harus memiliki kecakapan dalam mengerjakan pekrjaan kita. Persaingan ini harus melalui persaingan yang sehat, Persaingan yang sehat untuk mengungguli potensi rekan kerja kita secara otomatis justru akan membuat  tempat kita bekerja menjadi lebih maksimal dan lebih unggul. Selama kita menyikapinya secara positif, persaingan justru akan menolong kita untuk memunculkan puncak potensi yang kita miliki, karena tujuan persaingan adalah untuk menuntut kita memunculkan kreativitas, keahlian dan potensi terpendam yang selama ini belum tergali.

Yang perlu dipastikan adalah, entah persaingan itu terjadi di dalam perusahaan atau antar perusahaan yang lain, ada batasan-batasan etika kerja yang harus tetap kita pegang. Selama kita terus memegang etika-etika kerja yang ada dalam sebuah kompetisi, maka persaingan adalah sesuatu yang wajar. Hal lain yang juga harus diperhatikan yaitu dalam persaingan tidak boleh ada saling menjatuhkan/saling menyerang; kita hanya boleh berlomba-lomba mengungguli potensi yang dimiliki oleh ‘pesaing’ kita. Jika persaingan itu terjadi dalam satu perusahaan yang sama, kita harus tetap melakukannya dengan landasan pemahaman bahwa kita berada dalam satu tim, karena jika kita saling menjatuhkan/saling menyerang, kompetisi yang ada akan menjadi tidak sehat; perlahan tapi pasti perusahaan yang ada akan mengalami kemerosotan karena digerogoti dari dalam.
By : Muamar

No comments:

Post a Comment