Mimpi

Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi. Jadilah seperti yang kamu inginkan, kerna kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.

Saturday, January 15, 2011

HAKITKAT SOSIALISASI

       
HAKITKAT SOSIALISASI

    Pengertian Sosialisasi

Sosialisasi adalah proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota  yang berpartisipasi didalam masyarakat, yang dipelajari dalam proses sosialisasi adalah peran, nilai dan norma social.
Penanaman atau proses belajar anggota kelompok atau masyarakat tentang kebiasaan didalam kelompok atau masyarakatnya didalam sosiologi disebut sosialisasi.
Soaialisasi adalah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari suatu generasi kegenarasian lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.
Contoh memecahan masalah dengan cara kekeluargaan 


   Berikut ini adalah pendapat para ahli tentang sosisalisasi
Menurut Peter L. Beggar, sosialisasi adalah proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota yang dapat berpartisipasi didalam masyarakat.
Menurut David Gaslin. Sosialisasi adalah proses belajar yang dialami seseorang yang memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma-norma, agar ia dapat berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat.
Menrut Berger dan sejumlah tokoh sosiologi yang dipelajari dalam proses sosialisasi adalah peran-peran bagaimana seseorang berperan sesuai dengan nilai, kebiasaan, dan norma yang berlaku dan ditransper dari masyarakat dari masyarakat atau kelompoknya. Sementara beberapa tokoh lain seperti Gaslim mengemukaan bahwa yang dipelajari dalam proses sosialisasi adalah nilai dan norma sosial. Oleh sebab itu, teori sosialisasi dari sejumlah tokoh sosiologi merupakan teori mengenal peran (Role the Ory).
   Peranan Nilai dan Norma Sosial dalam Sosiologi
       Meskipun nilai dan norma solial merupakan isi yang dipelajari seseorang untuk membentuk dirinya. Nilai dan Norma sosial juga menjadi penentu bagaimana pola sosial akan berlangsung dalam diri seseorang. Contohnya nilai dan norma social dalam masyarakat feudal menurut seseorang untuk tunduk dan patuh kepada orang yang lebih tua. Dengan demikian dalam masyarakat ini pola sosialisasi yang dialami si anak cendrung Refresif ( dipaksakan). Oleh karena itu, proses belajar anak adalah pasif, dimana anak dipaksa untuk menerima nilai dan norma. Sementara dalam masyarakat yang demokratis, nilai dan norma sosial yang berlaku adalah kesamaan derajat. Pola sosialisasi yang berlangsung dalam masyarakat ini pun cendrung partisipatoris dimana anak berperan aktif untuk belajar membentuk diri.sesuai dengan refleksi dirinya terhadap orang-orang disekitarnya.
       Pada dasarnya tidak ada seorang manusia pun yang tidak melakukan proses sosialisasi dalam hidupnya. Manusia hidup dari dan dalam masyarakat, melalui proses sosialisasi seseorang menjadi tahu begaimana ia harus berprilaku dalam masyarakat. Proses sosialisasi ini berlangsung seumur hudup, selama manusia masih mampu dan mau meningkatkan kemampuanya untuk menjadi manusia yang lebih berguna bagi masyarakatnya. Nemun demikian dalam beberapa kasus terdapat individu-individu yang tidak memiliki kesempatan utuk bersosialisasi dengan baik. Contoh kasus individu yang tidak mendapat sosialisasi adalah Anna, Issbelle dan Genie.
        By : Muamar

   

No comments:

Post a Comment